TRAGEDI KANJURUHAN DAN KUNJUNGAN FIFA KE INDONESIA

VISITORBETNEWS – Ada total 131 jiwa yang harus berakhir naas dalam sejarah Sepak Bola Stadion Kanjuruhan, Stadion Kanjuruhan yang menjadi tuan rumah laga pekan ke-11 antara Arema FC dan tim tamu Persebaya Surabaya, Sabtu (1/11/2022). Kekalahan kandang pertama Arema FC setelah 23 tahun dari Persebaya , menjadi pemicu reaksi keras dari para pendukung Arema.

Para suporter  yang kecewa melakukan aksi turun ke lapangan, namun sayang pihak keamanan merespons dengan menembakkan gas air mata untuk mengurai Massa. Namun, hal ini justru memperkeruh keadaan dan mengakibatkan kepanikan massa yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Berita ini tak luput dari sorotan dunia Sepak Bola internasional terutama FIFA. 18 Oktober 2022 mendatang, Presiden FIFA, Gianni Infantino, dikabarkan akan mengunujungi Indonesia  untuk bertemu dengan Bapak Joko Widodo untuk membahas Tragedi Kanjuruhan dan juga Sepak Bola Indonesia.

Musibah yang terjadi di Kanjuruhan membuat FIFA mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi menyangkut pembenahan dunia Sepak Bola Indonesia Pasca Tragedi Kanjuruham. Surat FIFA tersebut berisi  lima poin meliputi Standar Keamanan Stadion, Protokol dan Prosedur Pengamanan Kepolisian, Sosialisasi, Penjadwalan Pertandingan, serta Pendampingan dan Benchmarking.

Hal ini semakin terdengar serius setelah Erick Thohir membenarkan rencana FIFA yang akan berkantor sementara di Indonesia dengan jangka waktu yang belum pasti. Rencana berkantor ini bertujuan untuk memberikan pembenahan untuk Persepak bola an Indonesia.

Pemerintah Indonesia diminta FIFA agar lebih mantap dalam mengatur jadwal pertandingan sepak bola, agar tidak menigkatkan potensi kericuhan. Pihak FIFA juga meminta pertandingan sepak bola Indonesia digelar pada sore hari, dimana maksimal kick -off pada pukul 5 sore.

Lain dari itu, Pertandingan sepak bola Indonesia hanya akan  digelar pada akhir pekan. Dengan diambilnya tindakan ini, pertandingan dengan resiko seperi Tragedi Kanjuruhan tidak akan terulang lagi.

Waktu kick off sore dan hanya di akhir pekan bakal memudahkan supporter untuk dating dan meninggalkan stadion. Disebut juga oleh FIFA, agar pengadaan transportasi publik bagi supporter agar mengurangi tekanan pada infrastruktur transportasi umum dan memfasilitasi akses yang lebih efisien untuk para supporter ke transportasi umum agar keberangkatan dari stadion lebih mudah dan aman.

Selain  itu, FIFA juga menghimbau agar jadwal pertandingan sepak bola di Indonesia lebih konsisten agar kehadiran petugas keamanan juga lebih terorganisir untuk mendukung jalannya pertandingan.

About blackapin

Leave a Reply

%d bloggers like this: